Beranda Headline Presiden Jokowi Canangkan Income Perkapita Rp27 Juta Per Bulan

Presiden Jokowi Canangkan Income Perkapita Rp27 Juta Per Bulan

530
0

Jakarta- Presiden Jokowi menargetkan income perkapita dalam satu bulan mencapai Rp27 juta atau Rp320 juta/ tahun. Target ini dicanangkannya saat pidato perdana usai dilantik bersama Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedunng MPR, Senayan Jakarta (20/10/19).

Tak hanya itu, ia juga bakal menggenjot pertumbuhan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045

Jokowi mengatakan, tahun 2045 adalah satu abad Indonesia merdeka.

“Mestinya Insya Allah Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Mimpi kita di 2045 Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan 320 juta per kapita per tahun atau 27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita bersama,” ujar Jokowi.

Pendapatan per kapita merupakan pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita adalah hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2018 pendapatan per kapita Indonesia meningkat menjadi US$ 3.927 atau sekitar Rp 56 juta per kapita per tahun. Naik dibandingkan tahun 2017 yang mencapai Rp 51,9 juta dan 2016 Rp 47,9 juta per tahun.

“Mimpi kita di 2045, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 7 triliun USD, Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia, dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, angka yang ditargetkan tersebut sudah dikalkulasi.

“Target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Namun semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. Harus disertai kerja keras dan kita harus kerja cepat. Harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif,” tegas Presiden Jokowi. (jpn/pin)

BACA JUGA:  Rp50 Ribu, Dapat Hampir Rp3 Juta! Mediaku Voucher Book Resmi Dilaunching

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here