Beranda Headline Dahulukan Nakes, Pemkab Pesawaran Terima Vaksin Covid-19

Dahulukan Nakes, Pemkab Pesawaran Terima Vaksin Covid-19

1148
0

PESAWARAN- Pemkab Pesawaran telah menerima sebanyak 2640 dosis vaksin Covid -19 dari Pemprov Lampung. Jumlah tersebut merupakan pengiriman tahap pertama, dengan prioritas vaksin yang akan diberikan kepada para tenaga kesehatan dan para pejabat forkopimda setempat.

Kepala Instalasi Farmasi Provinsi Lampung Aris Aviantono, yang ikut mengawal pengiriman vaksin mengatakan, teknis pengiriman yang dilakukan tersebut, didasarkan pada instruksi dari Kementerian kesehatan.

” Jadi, pada pendistribusian vaksin ini, baik tahapan maupun jumlahnya, sudah diatur dan ditentukan oleh Kementrian Kesehatan. Kewenangan kita hanya melaksanakannya saja,” ucap Aris kepada wartawan, Kamis (20/1/21)

“Karena jumlah vaksin yang diterima ditahap awal ini masih terbatas, maka sementara kita akan prioritaskan diberikan kepada para nakes dan pejabat Forkopimda dahulu,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Kesuma Dewangsa menuturkan, pihaknya segera melakukan kordinasi dengan stakeholder terkait penerapan vaksinasi di Kabupaten Pesawaran.

“Besok kita akan rapatkan dulu, bagaimana teknisnya, dalam pendistribusian vaksin kepada semua Puskesmas. Kalau sudah sampai di faskes-faskes yang kita miliki, baru akan kita jadwalkan untuk melakukan vaksinasi secara serentak,” terang Kesuma

“Apalagi sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan semua yang terkait. Begitupun dengan kesiapan fasilitas kesehatan yang kita miliki. Di Puskesmas itu sudah ada data dan sasaran tenaga kesehatan yang akan diutamakan mendapatkan vaksin, jadi begitu kita distribusi, nakesnya sudah siap untuk divaksin,” imbuhnya

Berdasarkan rencana usulan permintaan vaksin, pihaknya berharap Pesawaran akan mendapatkan vaksin untuk pemenuhan kebutuhan bagi sekitar 243 ribu orang.

” Karena tahap awal kita baru mendapat vaksin sebanyak 2.640 dosis, sementara ini kita utamakan diberikan kepada Nakes yang sebelumnya sudah kita usulkan sebanyak 1.320 orang dan juga kepada sejumlah pejabat forkopimda,” ujarnya

“Saya berharap vaksin ini bisa berdampak baik dan bermanfaat kepada masyarakat. Mudah-mudahan bisa membantu kita untuk mengurangi paparan pandemi ini,” pungkasnya.

Diketahui, Pemprov Lampung telah mendistribusikan 2.640 dosis vaksin, ADS 0,5 ml 2.640 pieces, safety boks 50 buah dan alkohol Swab 2700 lembar. (sen)