Beranda Regioan Pringsewu Kunker ke Pringsewu, Riana Dorong PKK jadi Pelopor Perubahan

Kunker ke Pringsewu, Riana Dorong PKK jadi Pelopor Perubahan

12
0

PRINGSEWU – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu di Kantor Bupati Pringsewu, Senin (8/11/2021) dalam rangka memacu semangat PKK Kabupaten Pringsewu untuk menjadi pelopor perubahan kehidupan masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19.

Acara diawali Senam Lampung Berjaya dilanjutkan dengan penampilan tarian dari anak-anak Paud Latifah 3 Pringsewu.

Ibu Riana mengatakan meski pandemi Covid-19, namun menjadikan masyarakat semangat bergotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama.

Menurutnya, PKK harus ambil bagian dari hal tersebut, menjadi gerakan pelopor perubahan.

“Gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini,” ujar Ibu Riana.

Kunjungan ke Kabupaten Pringsewu ini merupakan salah satu agenda kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ke Kabupaten/Kota.

Riana menyebutkan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan dan pembinaan organisasi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan secara terintegrasi dengan 7 organisasi lainnya termasuk ikut andil dalam penanganan Covid-19.

Seperti Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) yakni meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang disekitar dimasa pandemi.

“Termasuk pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua dampak pandemi Covid-19,” katanya.

Riana menuturkan selanjutnya, organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah dan percepatan cakupan vaksinasi.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada PMI Kabupaten Pringsewu yang sangat aktif dalam kampanye pelaksanaan donor darah, plasma konvalesen maupun pelaksanaan vaksinasi yang beberapa waktu lalu kita mulai di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Riana mengatakan bahwa tahun depan pihaknya akan lebih konsentrasi untuk pembinaan para UMKM.

Nantinya, per wilayah akan dilakukan pemetaan potensi yang dimiliki Kabupaten/Kota seperti lokasi untuk batik, tapis ataupun kriya.

“Di Kabupaten Pringsewu ini ada kriya yang sangat unik yaitu manik-manik dan karya dari kriya di Lampung ini semangat luar biasa sekali,” katanya.

Pemilihan UMKM ini, menurutnya karena UMKM mampu bertahan ketika pandemi datang.

“Kalau ini diolah dengan baik dan benar bisa menarik wisata. Maksimalkan penggunaan media sosial, sehingga masyarakat bisa melihat keaktivan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengatakan dengan hadirnya Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ke Pringsewu, diharapkan PKK Pringsewu bisa lebih baik lagi, baik dari sisi manajemennya maupun berbagai kegiatannya.

“Kehadiran ibu sangat strategis bagi kami dan setelah kunjungan ibu, kami punya catatan untuk terus lebih baik lagi,” ujar Sujadi.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu Riana menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya kepada pondok pesantren, perajin batik, ibu hamil, lansia, balita, warga terdampak Covid-19, anak yatim akibat Covid-19 dan atlet disabilitas.

Dalam kesempatan itu, Ibu Riana juga mengunjungi spot kegiatan donor darah PMI dan pemerikasaan kesehatan YJI.

Kemudian, mengunjungi stand Dekranasda Pringsewu, stand pojok literasi dan stand pengolahan makanan dengan bahan dasar ikan. (pim)